Fenomena Pasar Ramadhan dan Omset Milyaran Dibaliknya

11.16 Mahriansyah 0 Comments






Gak berasa ya bulan ramadhan tinggal 10 hari lagi dan kita akan menyambut dengan suka cita hari kemenangan Idul Fitri, nah selama bulan ramadhan pastinya lo sering banget kan ya liat pasar - pasar ramadhan yang menjual berbagai macam barang, mulai dari makanan, pakaian sampai otomotif. Pasar Ramadhan menjamur hampir disemua kota di Indonesia dan didalam satu kota bahkan memiliki beberapa pasar wadai yang besar.

Ribuan orang setiap hari nya hilir mudik mendatangi pasar ramadhan dan tujuan mereka berbeda - beda, ada yang benar - benar ingin belanja dan ada sebagian yang hanya ingin melihat - lihat bahkan ada yang cuma ingin foto - foto, tergantung orangnya sih. Kali ini gue bakalan ngebahas pasar ramadhan bukan dari sisi jualannya ya tapi gue bakalan bahas mengenai omset milyaran dibalik pasar ramadhan. 

Di Banjarmasin sendiri tempat gue saat ini tinggal pasar wadai berada tepat di depan kantor walikota Banjarmasin tepatnya di jalan RE Martadinata, konsep pasar wadai Banjarmasin tahun ini lebih trendy dan kekinian dengan hiasan payung - payung di sepanjang jalan pasar, konsep ini mengundang banyak sekali pengunjung setiap harinya dan bahkan banyak anak muda yang sengaja datang ke pasar wadai untuk hanya sekedar berfoto ya karena konsepnya memang instagramable sih.

Dengan lebih dari 200 an stand makanan, pakaian dan otomotif pasar wadai Banjarmasin menjadi salah satu pasar ramadhan terbesar di Indonesia dan dengan jumlah pengunjung hampir 5000 orang setiap harinya membuat perputaran uang di pasar ramadhan sangat besar. Gue rasa kalian pernah bertanya - tanya kan ya kenapa harga - harga barang di pasar ramadhan ga murah - murah amat dan bahkan condong lebih mahal dibandingkan toko biasa, gue bakalan kasih tau lo kenapa harganya lebih mahal, menurut pendapat gue sebagai anak ekonomi pasar ramadhan adalah konsep pameran yang ada di bulan ramadhan, kita pasti tahu ya kan kalo pameran artinya bukan pasar murah, dan karena pameran lebih mengedepankan penampilan atau layout stand maka wajar harga barang - barang dipasar ramadhan lebih mahal karena para pedagang disana harus mengeluarkan bugdet sewa yang juga besar untuk sewa stand di pasar ramadhan. 

Kebayangkan kan berapa perputaran uang di pasar ramadhan ? Dengan Estimasi 200 an Stand dan 5000 Pengunjung setiap harinya diperkirakan omset pasar ramadhan perhari di Banjarmasin mencapai lebih dari 500 juta, dan dalam satu bulan ramadhan omset bisa sampai puluhan milyaran. Pasar ramadhan sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu penggerak ekonomi masyarakat di Bulan Ramadhan meski pun setiap bulan ramadhan harga bahan - bahan pokok melonjak tinggi namun dengan adanya pasar ramadhan bisa sedikit mengurangi masalah ekonomi di bulan ramadhan karena banyak orang yang terlibat didalam pasar ramadhan tersebut.

Nah itu tadi analisis amatir gue mengenai pasar ramadhan, dan kalo lo mempunyai analisis lain silahkan tuliskan di kolom komentar.

Learn and Share


0 komentar: