UNTUK KALIAN MAHASISWA SALAH JURUSAN, 2 ORANG INI AKAN MEMBUAT KALIAN TERCENGANG!!

20.19 Mahriansyah 3 Comments




Perkenalkan gue adalah salah satu Mahasiswa Salah Jurusan dari jutaan mahasiswa salah jurusan lainnya di Semua Universitas yang ada di Dunia. Gue sangat menyesal kenapa gue memilih jurusan yang salah, kenapa gue memilih jurusan kuliah yang tidak cocok sama sekali dengan passion gue, jurusan yang sangat bertentangan dengan hobi gue dan jurusan yang tidak ad ague pikirkan sama sekali.

Bagi kalian yang senasib dengan gue, so kalian pasti juga menyesali apa yang gue sesali, rasanya malas banget untuk pergi kuliah karena kita harus menjalani hal yang tidak dicintai, tidak disukai dan bertentangan dengan diri

Yah, yang mengalami itu semua bukannya hanya gue, elo dan kita semua tapi tahukah kalian bahwa ada orang – orang sukses dan tajir gila yang berawal dari salah jurusan waktu kuliah ?

Ga percaya ?

Gue seriusan loh mereka itu ada!

Dan Baru kemarin gue ketemu mereka dan mereka cerita tentang bagaimana mereka bisa sukses yah walaupun dulu mereka salah jurusan

Gue Bakalan Ceritain nih sama kalian dari awal hingga akhir yah walaupun ga semua ya karena banyak banget kalau gue tulis semuanya, bisa keriting nanti tangan gue

Alright,
Kemarin Tgl 24 September 2016 gue ikut acara yang keren banget, nama acaranya #IMPACTBali dan disana ada 3 Pembicara yang juga senasib dengan gue dan kita – kita semua karena jurusan mereka kuliah dulu ga ada hubungannya dengan apa yang sekarang mereka kerjakan (salah jurusan), tapi sebelum gue cerita lebih jauh gue mau kasih tau dulu bahwa acara #IMPACTBali di Organize oleh Young On Top Bali.


Gue bakalan ulas satu – satu latar belakang kedua Pembicara yang super inspiratif ini, karena mereka membagikan perjalanan hidup mereka, check it out!


  •       KEMAL ARSJAD



Seorang anak yang lahir di Jakarta, 10 Januari 1976 yang merupakan seorang pengusaha dan memiliki banyak sekali perusahaan, kalau kalian tau film “Sang Penari” yang pada tahun 2011 memenangkan penghargaan Film Terbaik di ajang bergengsi sekelas Piala Citra itu adalah film garapan dari Kemal Arsjad.

Dulu Kemal Arsjad kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Pelita Harapan Jakarta dan saat ini dia memiliki beberapa Dive Center di Bali dan beberapa perusahaan yang bergerak di Bidang Advertising seperti Macro Ads dan Links Film.

Hmm Kebetulan gue juga anak ekonomi dan saat kuliah gue ga ada diajarin cara diving dan bikin iklan deh, yah artinya Kemal yang dulu kuliah di fakultas ekonomi ternyata juga bisa terjun didunia glamor yaitu industri perfilman dan dunia iklan di Indonesia serta dunia Teknologi Informasi lewat Better B (Pembuat Aplikasi BlackBerry).

Dan yang perlu kalian tau Kemal kuliah selama 7 Tahun (14 Semester) Mentok, yah bagi kalian anak semester atas yang belum juga lulus ga usah khawatir dan kehilangan semangat yak karena Kemal aja bisa sukses dengan IPK 2,25 dengan masa Kuliah 7 Tahun.
 

  • .      RIANA BISMARAK



Wanita ini dulunya adalah Coorperate Director sebuah waterpark terkenal di Indonesia. Dia kemudian rela melepas jabatannya itu untuk membangun bisnis online shop dengan nama unik, BelowCepek.

Riana Bismarak itulah namanya. Riana yang kelahiran 5 Juli 1976 itu berhenti dari pekerjaannya sebagai Coorpertae Director Waterbom Bali dan Jakarta. Dia memilih mengejar passionnya untuk melakukan suatu pekerjaan yang memang disukainya yaitu shopping."Saya suka makan, kecantikan dan shopping. Kalau makan, malas masaknya. Kalau buat salon, saya nggak bisa make-up, ngeblow sendiri saja nggak bisa, nanti tergantung dengan stylist. Terakhir shopping. Kalau shopping sendiri masih bisa," Begitu katanya saat kemarin menjadi pembicara di #IMPACTBali.


Wanita lulusan sekolah perhotelan itu pun kemudian membuat situs online shop belowcepek.com. Awalnya situs tersebut dikelolanya sembari dirinya bekerja di Waterbom."Saya pikir baru akan resign tahun depan. Tapi kemudian dalam lima bulan kami punya 10 ribu member (di Facebook), ya sudah saya resign," tutur Riana yang memang tidak mau main-main ketika membangun bisnis online shop.Belowcepek resmi diluncurkan pada 24 November 2011. Situs online shop itu dibuat dengan konsep bagaimana memasarkan produk asli buatan anak negeri ke seluruh Indonesia. 


Konsep tersebut digagasnya karena melihat sekarang ini rata-rata online shop menjual produk-produk dari China, Korea, Bangkok dan Hong Kong.Riana kemudian melakukan survei ke sejumlah mal untuk melihat bagaimana produk busana lokal buatan anak negeri. Dari risetnya tersebut, diketahui busana-busana hasil karya desainer muda Indonesia rata-rata harganya cukup mahal mulai dari Rp 350-450 ribu. Sementara tidak semua wanita bisa membeli dengan harga tersebut, padahal mereka ingin tampil fashionable."Akhirnya keluar angka Rp 100 ribu. Paling mahal di BelowCepek Rp 99 ribu," jelas wanita yang dulu juga suka berbelanja di online shop internasional itu.Selain harga yang semuanya di bawah Rp 100 ribu dan produksi Indonesia, keunikan lainnya dari BelowCepek adalah penggunaan model di situs tersebut. 

Jika kebanyakan online shop memakai model asing untuk membuat produknya tampak lebih menarik, Riana justru menggunakan model wanita Indonesia."Saya lihat model asing tinggi 180 cm, berapa banyak wanita Indonesia tingginya segitu. Kalau dipakai model bule bajunya mini, dipakai kita kebesaran," ujarnya. Alasan-alasan itulah yang membuat Riana memilih memakai wanita Indonesia pada umumnya sebagai model. Dia ingin pembeli merasa tidak tertipu usai membeli busana di online shopnya.Dengan bantuan dari media, belum sampai setahun bisnis Riana berkembang. 

Penjualan semakin bertambah juga karena pemasangan iklan di Google. Saat ini di Facebook, BelowCepek sudah memiliki 10 ribu anggota. Setiap bulannya, situs tersebut juga mengirimkan lebih dari 300 pieces ke pembeli setiap bulannya.Yang membuat Riana semakin bangga, tujuannya membuat online shop untuk seluruh wanita Indonesia perlahan mulai tercapai. Saat ini pihaknya sudah melakukan pengiriman produk hingga ke Papua. 

Selain Jakarta dan Papua, wilayah lainnya yang juga pernah membeli barang di BelowCepek di antaranya Surabaya, Medan, Batam, Balikpapan dan Pare-pare.


Sangat Jauh Bukan, Lulusan Perhotelan akhirnya terjun kedunia E-Commerce? Nah itu tadi 2 orang yang sudah membuat kita – kita mahasiswa salah jurusan tercengang!
Masih Menyesal karena SALAH JURUSAN ?
Udah Gitu Aja, BYE

-Learn and Share-


 



3 komentar: