LIBURAN HEMAT ALA BAKCPACKER DI PULAU DEWATA BALI

17.51 Mahriansyah 0 Comments




Yeay tidak terasa sebentar lagi akan tiba waktu untuk liburan akhir tahun nih guys! kemana nih destinasi tujuan kalian untuk menghabiskan waktu liburan kali ini ? atau hanya diam dirumah ? haha kasian

Bagi kebanyakan orang liburan identik dengan menghabiskan biaya yang tidak sedikit sehingga banyak orang mengurungkan niatnya untuk liburan baik bersama pasangan maupun teman - teman, padahal liburan sangat penting loh guys buat diri kita! karena dengan liburan maka hormon endorfin a.k.a hormon bahagia kita akan meningkat kata ahli kesehatan sih gak tau bener apa gak. haha

Tapi menurut gue pribadi liburan memang sangat penting untuk bisa merefresh pikiran kita yang terus memikirkan pekerjaan maupun tugas - tugas kuliah, dan kali ini gue bakal berbagi pengalaman dengan kalian bagaimana sih liburan hemat ala Backpacker di salah satu pulau eksotis di Indonesia.

Pulau itu adalah Bali, ya bali yang kebanyakan wisatawan asing lebih mengetahui bali dibanding wisatawan sendiri dan terkadang disuatu tempat wisata dibali kalian tidak akan menemukan orang indonesia sama sekali padahal di Indonesia loh haha penasaran kan ? makanya hayati cerita ini biar kalian bisa kebali haha

Tanah Lot Temple - Dokumentasi Penulis


Baik, untuk bisa liburan ke bali hal pertama yang perlu kalian siapkan adalah waktu, yah waktu karena kalau tidak ada waktu gimana mau liburan coba. setelah kalian mendapatkan waktu yang tepat untuk liburan maka hal selanjutnya yang perlu kalian siapkan adalah kesehatan kalian, kan gak lucu waktu liburan kalian sakit, yang seharusnya kalian senang - senang eh malah sedih.

Nah, kalau waktu dan kesehatan kalian sudah benar - benar siap untuk liburan maka segeralah kemasi barang kalian dan segera berangkat ke destinasi liburan kalian. Ada 2 a.k.a dua pilihan jalur kalian untuk bisa sampai di Pulau Bali yaitu lewat jalur laut dan jalur udara. Jika kalian memilih untuk lewat jalur laut maka waktu tempuh kalian akan sangat panjang karena untuk bisa sampai dipulau bali memerlukan waktu 1 - 3 hari tergantung daerah mana kalian tinggal, memang ongkosnya sedikit lebih murah dari pada melalui jalur udara tetapi banyak waktu kalian yang terbuang sia - sia. Untuk Biaya kapal sendiri berkisar 100 - 400 ribu tergantung dari daerah mana kalian berangkat.

Kemudian jalur yang kedua adalah lewat jalur udara dan untuk jalur ini gue gak bakal menjelaskan panjang lebar deh karena kalian sudah dewasa haha

Lalu setelah kalian sampai di pulau bali apa yang akan kalian lakukan ?

Pertama - tama yang perlu kalian lakukan adalah mencari tempat menginap, nah untuk tempat menginap ini bagi yang muslim kalian bisa menginap di Mesjid atau Moshula karena di Bali bentuk bangunan Mesjid dan Mushola kebanyakan hanya Ruko - Ruko dan biasanya ada Keluarga yang tinggal didalamnya, namun bagi kalian yang non muslim kalian bisa menginap dirumah - rumah warga sekitar dengan biaya murah karena banyak sekali warga bali yang mau menerima kalian utnuk menginap dirumahnya namun jika kalian punya uang silahkan sewa guest house atau hotel hahaha

Kedua adalah masalah hajat orang banyak yaitu makan, nah untuk makan sendiri kalian tidak usah khawatir karena di Bali ada namanya Nasi Jinggo yang harga perbungkusnya hanya 5000 dan isi yang relatif komplit seperti sambel, ayam suir, tahu tempe orek dan nasi tentunya tapi ya porsinya gak terlalu banyak dan nasi jinggo biasanya dijual pagi dan menjelang malam hari hingga subuh jadi ada baiknya kalian beli banyak buat persediaan.



Ketiga adalah masalah transportasi, untuk ini pemerintak Bali sudah menyiapkan Bus SARBAGITA (Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan) dengan harga tiket 2500 untuk pelajar/mahasiswa dan 3500 untuk orang dewasa sekali jalan. sesuai namanya bus ini beroperasi didaerah - daerah Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan. Jika kalian ingin liburan ketempat lain yang tidak dijangkau sarbagita kalian bisa sewa sepeda motor dengan budget 40 - 60K tergantung tempat penyewaan motornya namun untuk daerah jangkauan sarbagita sendiri sudah sangat banyak tempat wisatanya dan butuh waktu 3-6 hari untuk menjelajahi semuanya.



Nah berikut tadi tips liburan hemat ala backpacker di bali paling banter diluar tiket berangkat dan pulang kalian akan menghabiskan uang 500K, jika kalian merasa seperti gembel ya santai saja namanya juga backpacker tapi sensasinya itu loh yang luar biasa, jika tidak percaya silahkan coba sendiri haha.

Suksma semoga liburan kalian menyenangkan!!

0 komentar: