Banjarmasin, Kota Sejuta Tempat Sampah!

20.46 Mahriansyah 2 Comments




Mendengar tentang Banjarmasin tentu tidak ada habisnya, ada saja hal - hal menarik yang dapat ditemukan dalam kota yang terletak dipinggir sungai barito ini mulai dari masalah sosial hingga masalah lingkungan. Sejak dulu Banjarmasin terkenal dengan banyaknya sungai yang melewati kota ini namun seiring dengan perjalanannya banyak sungai di Banjarmasin berimbas pada banyak pula sampah disungai. Banyaknya sampah disungai - sungai Banjarmasin tentunya dikarenakan oleh banyaknya rumah - rumah yang ada disepanjang bantaran sungai, berbagai jenis sampah ada disungai Banjarmasin mulai dari sampah rumah tangga hingga sampah - sampah elektronik. Prihatin memang melihat kondisi sungai di Banjarmasin saat ini apalagi saat musim kemarau yang mana akan membuat sungai menjadi surut dan pasti sampah yang ada di dasar sungai akan muncul kepermukaan, selain masalah sampah sungai diBanjarmasin juga memiliki aroma yang tidak sedap yang sebab nya juga berasal dari sampah itu sendiri.



Lalu sebagai orang yang tinggal di Kota Banjarmasin apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi hal ini ? Kebanyakan dari orang - orang pasti akan menyalahkan pemerintah karena pemerintah dianggap gagal menangani masalah sampah ini namun kita tidak bisa menyalahkan pemerintah 100% dalam hal ini, memang tanggung jawab pemerintah dalam mengatasi setiap masalah yang ada di daerahnya namun sebagai masyarakat harusnya kita juga berperan aktif untuk ikut menyelesaikan masalah yang ada, tidak perlu melakukan hal yang besar cukup dengan menerapkan hal - hal kecil saja seperti membuang sampah pada tempatnya dan hal kecil lainnya.



Masalah sampah di Banjarmasin sudah menjadi masalah menahun yang tidak pernah terselesaikan mulai dari dulu hingga sekarang, namun sebenarnya masalah sampah ini berakar dari diri masyarakat Banjarmasin sendiri karena masyarakat lah yang membuang sampah sembarangan maka masyarakat sendiri yang merasakan dampaknya, walaupun begitu tidak serta merta menyalahkan masyarakat akan tetapi kesadaran masyarakat lah yang perlu ditingkatkan dalam hal membudayakan membuang sampah pada tempatnya, jika perlu pemerintah menyediakan 1 juta tempat sampah di Banjarmasin supaya tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki tempat sampah dirumahnya. Kemanapun kita melangkah disana ada tempat sampah.

Tulisan diatas hanyalah ungkapan kegelisahan seorang pemuda yang belum bisa berbuat apa - apa terhadap kota tempat dia menuntut ilmu, Kalau bukan kita yang menjaga tempat tinggal kita lalu siapa lagi ?

2 komentar: